Apa itu Indeks Glikemik?

Facts | 0 comments

Written by Ladang Lima

March 22, 2021

Pernah dengar tentang Indeks Glikemik? Sering baca di produk-produk makanan sehat, tapi belum paham penjelasannya. Di Instagram Ladang Lima sering banget mention Indeks Glikemik rendah di dalam product knowledge-nya.

Indeks Glikemik adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengindikasi seberapa cepat karbohidrat dalam makanan yang diubah menjadi gula oleh tubuh.

Indeks Glikemik ini sering dijadikan salah satu acuan dalam pola makan untuk mengendalikan glukosa (kadar gula darah) yang tinggi. Angka Indeks Glikemik penting untuk pasien diabetes agar penderita dapat menjaga makanan mereka.

Semakin tinggi nilai Indeks Glikemik suatu makanan, semakin cepat pula karbohidrat dalam makanan itu diproses menjadi glukosa. Ini berarti, semakin cepat gula darah melonjak. Namun, jika Indeks Glikemik rendah, maka semakin baik makanan tersebut dikonsumsi.

source: draxe.com

Tidak Diabetes, Apakah Perlu Memerhatikan Indeks Glikemik?

Iya dong. Kalau kata pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Seperti yang kita tahu, penyakit Diabetes tidak pandang bulu dan bisa menyerang siapa saja yang tidak menerapkan hidup sehat. Soalnya, mengonsumsi Indeks Glikemik yang tinggi berpotensi terserang obesitas dan diabetes tipe 2.

Indeks Glikemik yang tinggi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, mudah lelah, mual, hingga penglihatan kabur. Pebeliti dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta, mengonsumsi Indeks Glikemik tinggi bisa mengalami insomnia.

Meski memerhatikan Indeks Glikemik, kamu tetap harus memerhatikan nutrisi lainnya agar seimbang ya.

Faktor Lain yang Memengaruhi Indeks Glikemik

  • Buah yang sudah dikupas, namun dibiarkan cukup lama. Daging buah yang kulitnya sudah dikupas akan mengalami oksidasi. Menyebabkan daging buah ada bercak berwarna cokelat. Proses oksidasi tersebut yang menyebabkan nilai Indeks Glikemik meningkat. Sebaiknya, buah yang sudah dikupas langsung dimakan.
  • Cara pengelolaan masakan yang tidak sesuai. Makanan yang telah dimasak memiliki kandungan Indeks Glikemik lebih tinggi. Apalagi, jika proses memasak membuat makanan sangat hancur dan lembut. Tubuh lebih mudah menyerap karbohidrat yang ada di dalam makanan yang sudah dimasak.
  • Campuran bahan makanan juga bisa memengaruhi nilai Indeks Glikemik. Mengonsumsi makanan berlemak serta protein secara bersamaan juga dapat memengaruhi nilai Indeks Glikemik. Misalnya mencampurkan susu dan telur

Produk Ladang Lima Aman untuk Penderita Diabetes

Bahan baku semua produk Ladang Lima terbuat dari Singkong yang ditanam oleh petani lokal. Singkong, memiliki nilai Indeks Glikemik 46 yang tergolong rendah. Sehingga aman dikonsumsi untuk penderita Diabetes. Masih banyak manfaat yang terkandung di dalam produk sehat Ladang Lima, yakni:

  1. Bebas Gluten
  2. Tinggi Karbohidrat dan Kalsium
  3. Tanpa Pengawet
  4. Tanpa Pewarna Makanan
  5. Tanpa Gula Putih
  6. (Dairy Free) Bebas Telur dan Susu

 

 

Sumber:

gisymbol/draxe/hellosehat

Related Articles

Related

Ternyata DIET GLUTEN Banyak Manfaatnya

Bagi sebagian orang pasti merasa aneh apa sih diet gluten dan apa manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, kita kenali dulu yuk apa itu gluten, dan manfaat apa yang didapat jika kita diet gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan pada padi-padian dan serealia, gandum,...

read more

Puasa, Detox Alami bagi Tubuh Kita

Healthiers, gak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Biasanya di bulan spesial ini selalu identik dengan makanan manis, minuman dingin yang menyegarkan, dan berbagai kue bertebaran di jalan. Tapi apakah harus demikian? Yuk kita cari tahu apa sih...

read more

Contact Us

Contact us by leaving a message next to this to directly connect with our team.

Visit Us

Office 1 :
Tenggilis Tengah Q-29
Kendangsari, Surabaya

Office 2 :
Ketintang Madya 93
Gayungan, Surabaya

Office 3 :
WR Supratman 28
Denpasar, Bali

Contact us

info@ladanglima.com

Export :
export@ladanglima.com

Office : (+62) 31.5825.1993

Mobile : (+62) 822.6463.9355

Open Hours

M-F: 9am - 5pm

Sat: 9am - 1pm

Sun: Closed