4 Manfaat Flaxseed, Pengganti Telur pada Cookies

Facts | 0 comments

Written by Admin Ladang Lima

March 30, 2021

“Bikin cookies tanpa telur, emang bisa? BISA DONG”

 

Buktinya, semua cookies Ladang Lima dibuat tanpa tambahan bahan Telur. Meskipun telur banyak manfaatnya, tapi terlalu sering mengonsumsinya juga gak baik untuk kesehatan. Dalam penelitian Canadian Journal of Cardiology, dalam satu butir telur terkandung kolesterol yang melebihi jumlah maksimum. Menurut American Heart Association dan National Cholesterol Education Program, merekomendasikan kurang dari 200 mg kolesterol per hari. Sedangkan dalam satu butir telur, memiliki kandungan kolesterol sebanyak 373 mg.

 

Efek kolesterol yang terlalu banyak dalam darah, dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras atau menyempit. Hal itu disebut aterosklerosis, yang bisa berakibat fatal pada kondisi jantung. That’s why, Ladang Lima mengganti Telur dengan biji Flaxseed agar semua produknya dapat dikonsumsi oleh siapapun.

 

Flaxseed itu apa sih?

Flaxseed adalah biji yang berasal dari tanaman rami. Biji Flaxseed ini hanya tumbuh di Asia, Eropa, dan wilayah Mediterania. Sejak 7.000 tahun lalu, Flaxseed sudah digunakan sebagai makanan sehat yang baik untuk kulit. Bahkan, orang zaman dulu juga menggunakan Flaxseed sebagai obat. Makanya, Flaxseed dianggap sebagai superfood, khususnya untuk pola makan sehat dan program diet. Karena Flaxseed memiliki kandungan gizi tinggi dan lengkap yang baik untuk tubuh.

 

Nutrisi dalam satu sendok makan atau 7 gram flaxseed adalah sebagai berikut:

  • 37 kalori
  • 1,9 gram serat
  • 1,3 gram protein
  • 2 gram karbohidrat
  • 1,597 mg asam lemak omega-3
  • 3 gram lemak total
  • 0,3 gram lemak jenuh
  • 0,5 gram lemak tak jenuh tunggal
  • 2,0 gram lemak tak jenuh ganda

 

Manfaat Flaxseed

Flaxseed salah satu bahan makanan yang memiliki nutrisi tinggi yang nggak bisa dianggap sepele. Terlebih manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak manfaat apa aja yang terkandung dalam Flaxseed!

 

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Flaxseed bisa menjadi makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi sekaligus menjaga kesehatan jantung. Soalnya, flaxseed memiliki kandungan serat, omega-3, dan fitosterol di dalamnya. Fitosterol juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, sekaligus kadar kolesterol secara keseluruhan dalam darah.

 

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan lemak omega-3 dalam Flaxseed, merupakan paling tinggi dibanding makanan lainnya. Banyak mengonsumsi lebih banyak serat dan omega-3, merupakan salah satu cara untuk memelihara kesehatan jantung. Manfaat Flaxseed lainnya juga dapat membantu menormalkan irama detak jantung, dan mengurangi resiko terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah).

 

Mengurangi Inflamasi (Peradangan)

Kalau kamu sering merasakan sembelit, nyeri perut, atau gejala diare. Flaxseed merupakan pilihan makanan yang tepat. Karena Flaxseed kaya serat yang mudah larut dalam air, dan memudahkan BAB. Tapi ingat ya, Flaxseed aja nggak cukup bikin pencernaanmu lancar. Cukup konsumsi Flaxseed 50 gr atau 5 sendok makan per hari. Kamu tetap harus menyeimbangkan dengan nutrisi lainnya.

 

Menstabilkan Tingkat Gula Darah

Menurut dr. Kevin Adrian dari Alodokter, Flaxseed sangat baik dikonsumsi pada penderita Diabetes Tipe 2. Asupan Flaxseed tiga kali sehari selama tiga bulan, bisa menstabilkan kadar gula darah. Pada studi lain, asupan bubuk Flaxseed secara teratur selama satu bulan bisa menurunkan kadar gula darah puasa.

Meski banyak manfaat untuk tubuh, cara pengolahan Flaxseed juga perlu diperhatikan. Flaxseed, bisa dicampur dengan air mineral untuk dikonsumsi sehari-hari. Ditaburkan di atas sereal, bahan campuran untuk membuat cookies sebagai pengganti telur. Kamu harus tahu, seluruh cookies sehat Ladang Lima menggunakan Flaxseed sebagai pengganti telur. Jadi lebih sehat, kaya serat, dan baik dikonsumsi siapa saja.

 

 

Sumber: Journal Food Science and Technology, Healthline, Alodokter

Related Articles

Related

4 Manfaat Bikin Kue Kering Gluten Free

Lebaran sebentar lagi, siapa yang udah bingung cari resep kue kering lebaran? Healthiers, tau gak sih ternyata kita bisa bikin kue kering tanpa terigu lho? Betul sekali kita bisa mengganti tepung terigu dengan tepung yang lebih sehat yaitu tepung singkong/mocaf....

read more

Ternyata DIET GLUTEN Banyak Manfaatnya

Bagi sebagian orang pasti merasa aneh apa sih diet gluten dan apa manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, kita kenali dulu yuk apa itu gluten, dan manfaat apa yang didapat jika kita diet gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan pada padi-padian dan serealia, gandum,...

read more

Contact Us

Contact us by leaving a message next to this to directly connect with our team.

Visit Us

PT. AGUNG BUMI AGRO

Factory :
Rungkut Industri III Blok 30A, Surabaya

Main Office:
Ketintang Madya No. 93, Gayungan, Surabaya

Office 1 :
Tenggilis Tengah Q-29
Kendangsari, Surabaya

Office 2 :
WR Supratman 28
Denpasar, Bali

Contact us

info@ladanglima.com

Export :
export@ladanglima.com

Customer:
cs@ladanglima.com

Office : (+62) 31 21.000.733

Mobile : (+62) 8222.55.999.30

Open Hours

M-F : 08.30 - 16.30

Sat   : 08.30 - 13.00

Sun  : Closed